Mukadimah CaraBaca

Di tengah dunia yang dikoloni oleh oligarki kapitalis ini, kita sudah melihat dunia yang hancur lebur oleh ketidakadilan, oleh perampasan (kerja manusia), oleh penghancuran bumi, oleh logika keruk, oleh demokrasi palsu yang diatur oleh sekelompok bandit, oleh media yang jelas sekali memihak pada penguasa dan memanipulasi pengetahuan, oleh komodifikasi semua hal, oleh (pseudo) intelektual di kampus-kampus mentereng dengan gedung mewah, kita kian sulit menerawang apa harapan yang bisa menyelamatkan dunia kita ini kecuali hanya sedikit orang yang diam-diam berjuang untuk dunia yang seharusnya makin baik. Sedikit orang tersebut terserak di lembaga-lembaga swadaya, di akar rumput, di tengah massa rakyat, di syarikat-syarikat perjuangan hidup, di komunitas-komunitas yang terus melawan komodifikasi banyak hal itu. Di hutan-hutan, di desa, di kampung kota, di pesisir atau di pulau-pulau jauh terpencil.

Di tengah serbuan fakta-fakta dan peristiwa yang membuat kita getir, di hadapan media di ujung jari kita, di televise milik orang-orang kaya itu, kita makin didik untuk tahu: dunia yang baik harus kita perjuangkan bersama-sama. Dengan kawan-kawan syarikat, dengan orang-orang baik (baik individu maupun mereka yang mengatasnamakan syarikat tertentu), dengan komunitas-komunitas dan bukan dengan mereka yang telah merampas hidup kita ini!

Karena itu, kami bermaksud ikut dalam sedikit harapan atas dunia yang harusnya makin baik ini, dengan terlibat dalam seluruh perjuangan atas itu dengan mengambil peran yang mungkin kami jalankan: mengabarkan perjuangan atas dunia yang harus terus kita perjuangkan agar tidak sepenuhnya jatuh kepada mereka yang zalim dan seluruh system penopangnya! Dengan maksud tersebut, kami mendorong suatu media bersama bagi rakyat dan seluruh gerakan untuk saling berbagi gagasan, berbagi kebaikan-kebaikan, berbagi hidup yang sungguh berarti ini, berbagi pengalaman-pengalaman dan cara-cara,dan tentu saja, berbagi harapan: carabaca.id.

Dengan rendah hati, dari dalam relung kami, kami ingin ini menjadi undangan untuk anda terlibat.

Sikap Redaksi CaraBaca.ID

BUKU TERBITAN CARABACA.ID

Melawan Rezim Infrastruktur - Studi Ekonomi Politik

Sebagai cara untuk tetap waras dan terus melanggengkan perlawanan terhadap segala bentuk ketidakadilan, CaraBaca terus memproduksi wacana alternatif  dengan menulis, membaca, diskusi, dan mengorganisir akar rumput.
BELI PRDOUK KAMI SEBAGAI DUKUNGAN
close-link